Selasa, 04 Januari 2011

JARINGAN KOMPUTER


Jaringan komputer.
            Jaringan komputer adalah beberapa komputer yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya sehingga memungkinkan untuk saling berkomunikasi dan tukar informasi.
Macam-macam jaringan.
            Jaringan di bedakan memjadi beberapa macam .Dilihat dari segi camgkupan geografisnya, di bedakan menjadi 4 macam yaitu :LAN, MAN, WAN, dan GAN. Ditinjau dari segi koneksinya jaringan dapat di bedakan menjadi dua yaitu :peer to peer dan client server. Sedangkan dilihat dari media penghubungannya jaringan dapat di bedakan menjadi jaringan dengan Teknologi kabel dan jaringan dengan tenologi wireles.
manfaat Jaringan Komputer
Sebelum membahas kita masalah-masalah teknis lebih mendalam lagi, perlu kiranya diperhatikan hal-hal yang membuat orang tertarik pada jaringan komputer dan untuk apa jaringan ini digunakan. Manfaat jaringan komputer bagi manusia dapat dikelompokkan pada jaringan untuk perusahaan, jaringan untuk umum, dan masalah sosial jaringan.


. MACAM  JARINGAN KOMPUTER MENURUT GEOGRAFISNYA:
JARINGAN LAN
JARINGAN MAN
JARINGAN WAN
JARINGAN GAN
  • Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas. Jaringan LAN merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.
  • Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km. Jaringan MAN merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.
  • Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet. Jaringan WAN merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.
  • Global Area Network (GAN): jaringan kompiter yang cangkupannya paling luas. Jaringan ini menghubungkan komputer-komputer yang ada di negara-negara di seluruh dunia. Pada saat ini jaringan yang termasuk gan adalah internet. Di mana internet dapat menghubungkan komputer-komputer yang ada di seluluh dunia.
Macam jaringan menurut model koneksinya:
1)     Koneksi jaringan peer to peer
Pada koneksi ini semua komputer yang ada pada jaringan mempunyai kemampuan yang sama untuk memakai sumber daya yang trersedia dalam jaringan. Pada model koneksi tidak ada istilah server dan workstatation.
            Jaringan peer to peer  di buat dengan cara yang sederhana dan dengan biaya yang relative murah. Pada model koneksi ini tidak di perlukan software sistem operasi yang di rancang dan di sediakan untuk diedicated server. Untuk membentuk jaringan peer to peer cukup di perlukan sistem operasi seperti :windows98, windaws NT Workstation, microsoft windows Me, Windows XP dan sebagainya.

Kelebihan:
·         Tidak terlalu mahal
·         Mudah di instal dan di konfigurasi
·         Masing-masing komputer tidak tergantung pada server kusus
·         Tidak memerlukan software
·         Efektif untuk penggunaan yang jumblahnya kurang dari 10
Kekurangan:
·         Tidak terpusat, terutama untuk penyimpanan data dan aplikasi
·         Tidak aman, karena tidak menyediakan fasilitas untuk keperluan itu
2)     Jaringan client server
Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:
  • Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.
Berdasarkan media transmisi data
  • Jaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
  • Jaringan Nirkabel(WI-FI)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar