Kamis, 13 Januari 2011

MENGENAL BAGIAN-BAGIAN MICROSOFT EXCEL



Microsoft Excel, untuk selanjutnya disingkat Excel, adalah program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data. Disini kita akan banyak bersinggungan dengan metode2 pembuatan tabel dan grafik yang sangat dibutuhkan sekali dalam penyusunan data2 perusahaan, hasil2 penelitian, maupun dalam pembuatan makalah pribadi.
Objek Ms. Excel
Yang dimaskud objek dalam Ms Excel berupa aplikasi dan beberapa bagiannya yang berbentuk graphical user interface(tampilan antarmuka/grafis)
Beberapa objek Ms. Exel antara lain
• Excel
• Workbook
• Worksheet
• Range dalam sheet
• Listbook
• Chart sheet
• Chart
• De el el

Object utama dalam Ms. Excel
Workbook merupakan “folder” yang berisikan worksheets, chart sheets, macro sheets dan dialog sheet (obselete).
Worksheets merupakan lembar kerja dalam Ms. Excel. 1 worksheets terdiri dari 256 kolom dan 65.536 baris (16.777.216 cell), semua ini setara dengan 36.000 halaman cetak.
Excel user interface dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:
• Menu
• Dialog box
• Toolbars
• Drag and drop
• Keyboard shortcuts
Entri Data
Beberapa format yang dapat dimasukkan ke dalam excel worksheets antara lain
1. Nilai (angka, tanggal,waktu)
2. Text
3. Rumus
4. Nilai Logika (boolean-true-false)
Berikut beberapa tip dalam melakukan entri data di worksheets
• Mengisi data pada range: isikan data pada active cell → tekan ctrl+enter
• Mengcopy cell ke bawah: drag pojok selection
• Mengcopy ke bawah dengan increment: drag pojok selection sambil tekan ctrl
• Untuk penulisan teks yang panjang, ganti baris dengan alt+enter
• Untuk penulisan pecahan tulis 0 pecahan
• Tanggal hari ini: ctrl+ ;
• Jam saat ini: ctrl + shift + ;
Berikut beberapa macam kemampuan Ms. Excel
1. Formatting
2. Formulas
3. Names
4. Functions
5. Shapes
6. Charts
7. Macros
8. Database Access (filter)
Tools dalam Ms. Excel yang dapat digunakan untuk menganalisa data antara lain
1. Outline
2. Automatic Subtotals
3. Scenario Management
4. Analysis Toolpack
5. Pivot table
6. Auditing
7. Solver
8. Add ins
Beberapa formula yang sering dipakai di Ms. Excel antara lain
• Relative A1
• Absolute $A$1
• Row absolute A$1
• Column absolute $A1
• Referencing other sheets/workbook =[data.xls]Sheet2[A2]+1
• Referensi dengan nama: insert → name → create

Tidak ada komentar:

Posting Komentar