Minggu, 09 Januari 2011

MOUSE DAN KEYBOARD

KEYBOARD


Keyboard (papan tombol) adalah alat input yang paling umum dan banyak digunakan. Input dimasukkan kea lat proses dengan mengetikkan lewat penekanan tombol yang ada di keyboard. Keyboard sebagai alat input langsung, biasnya didampingi dengan suatu tampilan (display) yang akan menampilkan apa yang ditekan di keyboard. Keyboard dengan display ini merupakan suatu terminal. Beberapa alat input langsung yang mempergunakan keyboard untuk memasukkan input secara langsung adalah teleprinter terminal, financial transaction termina, point of sale terminal dan visual display terminal.

Keyboard merupakan unit input yang paling banyak digunakan dari suatu terminal atau komputer multimedia. Dua bentuk dasar dari keyboard, yaitu Alphanumeric Keyboard dan Special-Function Keyboard.
Kebanyakan dari Alphanumeric keyboard menggunakan tipe 101 key yang terdiri dari function keys, sebuah keypad, suatu variasi special function key dan kursor control kea ( tanda panah ). Ada juga yang terdiri dari 124 key, yang menambahkan function key tambahan dan extra unlabele key yang dapa diprogram untuk membentuk susunan user-defined keystroken (macro).
Special-Function Keyboard dirancang untuk aplikasi yang spesifk. Misalnya Cash-Register pada terminal di restoran atau supermarket, terminal Point Of Sale (POS) pada took besar (supermarket), agen tiket pesawat, dsb. Sekarang sudah ada keyboard tanpa kabel, misalnya wireless PDA keyboard, sebagai keyboard terbaik tahun 2002.


MOUSE


Mouse merupakan pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi cursor di layar. Dengan menggeser mouse di bidang yang datar, misalnya meja, cursor di layar akan bergeser sesuai dengan arah yang diiinginkan, anda dapat menekan tombol yang ada di mouse untuk beberapa keperluan tergantung dari program yang digunakan, misalnya untuk memilih suatu pilihan di layar.

Mouse adalah alat kecil dan ringan sebesar tikus yang pas dengan telapak tangan, memiliki bola kecil dibawahnya dan memiliki tombol satu, dua atau tiga, dihubungkan ke komputer multimedia dengan kabel kecil. Dengan menggeser mouse akan memutar bolanya, dan kursor akan bergerak sesuai dengan gerakan tangan. Mouse juga merupakan pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi cursor di layar. Dengan menggeser mouse di bidang yang datar, misalnya meja, cursor di layar akan bergeser sesuai dengan arah yang diiinginkan, anda dapat menekan tombol yang ada di mouse untuk beberapa keperluan tergantung dari program yang digunakan, misalnya untuk memilih suatu pilihan di layar.

Mouse pertama kali dikembangkan oleh Doug Engelbart di Stanford Research Institute sekitar tahun 1960, yang kemudian dikembangkan dan diterapkan pada komputer Xeror Star. Baru pada tahun 1982, Apple memperkenalkan produknya dengan nama Apple Lisa. Sekarang ketenaran dari komputer Apple Mancintosh karena pengunaan mouse ini.

Sekarang mouse sudah ada yang tanpa kabel, misalnya mouse buatan Gyration, yaitu Ultra Cordless Optical Mouse yang dapat digunakan sampai jangkauan 25 kaki, sedangkan Ultra professional sampai 100 kaki, dengan mouse tanpa kabel, anda dapat melakukan surfing, bermain game dan mobile computing. Bahkan mouse Hunno MagicSecure 3500 mampu mengamankan PC dan file-file anda lewat fasilitas password, pengenalan sidik jari maupun kombinasinya. Caranya sangat mudah yaitu dengan memasukkan administrator ID sekehendak hati dan password, kemudian membuat disket kondisi darurat yang berisikan ID dan password (dilakukan untuk antisipasi jika suatu saat ada kerusakan system). Untuk memproteksi dengan sidik jari, yaitu cukup dengan memasukkan sidik jari dan diproses sekitar 4 detik per input, satu sidik jari disensor tiga kali. Ada empat modus proteksi, yaitu menggunakan password, sidik jari, kombinasi password dan sidik jari atau pilihan antara password dan sidik jari.

Joystick adalah suatu alat seperti tongkat yang menggerakan kursor sesuai dengan arah tongkat. Joystick digunakan dalam bidang media, khusunya game.(gambar AVB TopShot Force Feedback Joystick)
Trackball adalah alat yang serupa dengan mouse, tetapi bolanya terletak diatas. Untuk menggerakkan kursor, pemakai cukup memutar (menggerakkan) bola tanpa harus memindahkan seluruh alat tersebut. Trackball tidak memerlukan bidang diatas meja.(gambar Trackball produk Air Technologies Corporation)
Trackpad adalah alat yang serupa dengan trackball, tetapi tidak menggunakan bola. Untuk menggerakkan kursor cukup dengan menggerakkan jari anda diatas pad sentuh-sensitif.(gambar keyboard bezel w/trackpad)
Trackpoint adalah alat yang fungsinya menyerupai joystick tetapi dioperasikan dengan ujung jari.( gambar trackpoint armada M700 dari Compaq)


2. Mengenal Penggunaan Mouse dan Keyboard


2.1 Penggunaan Mouse
mouse merupakan perangkat hardware komputer yang mirip dengan keyboard yang gunanya untuk mempercepat pemilihan perintah aplikasi program komputer.
Cara Menggunakan Mouse
Tombol mouse terbagi atas dua bagian yaitu versi lama dan tiga bagia versi baru. Tombol mouse pada prinsipnya sama antara versi lama dengan versi baru, yaitu sama-sama memiliki tombo kiri dan tombol kanan. Namun untuk versi baru memiliki kelebihan tombol tengah yang gunanya untuk scroll atau menggulung lembar kerja program komputer.
Kegunaan Tombol Mouse
• Tombol Kiri : digunakan untuk pemilihan dan meneruskan perintah
aplikasi program komputer.
• Tombol Kanan :dipakai untuk menampilkan menu shortcut.




Cara Penggunaan Tombol Kiri

Istilah Keterangan
Pilih (Point) Memindahkan penunjuk mouse (pointer) pada posisi atau bagian tertentu yang diinginkan.
Klik (Clik) Menekan tombol mouse satu kali, digunakan untuk memilih toolbar dan meneruskan perintah atau menempatkan titik sisip/kursor ke posisi baris lain (dalam program aplikasi Microssof Word, Excel, dll).
Klik Dua Kali
(Double Clik) Menekan tombol mouse dua kali berurutan secara cepat dengan tanpa menggeser mouse, digunakan untuk membuka aplikasi program di desktop, membuka icon shortcut, membuka file, memblok kata dalam Ms.Word,dll.
Geser (Drag) Menekan tombol mouse tana dilepas dengan digerakkan ke posisi lain. Gunanya untuk memidahkan jendela aplikasi program, kotak dialog, shortcut, jendela menu toolbar, memblok (karakter, kata, baris, dan paragraph sekaligus memindahkannya ke poisi lain pada Ms.Word, Ms.Excl,dll).

Penggunaan Keyboard
Keyboard adaah alat yang digunakan untuk memberikan perintah atau data ke komputer. Keyboard sangat mirip dengan tuts mesin ketik, cara kerjanya ialah mengirimkan kode-kode ke memory komputer.

Pembagian tombol-tombol Keyboard
1. Tombol Fungsi
Tombol fungsi terdiri dari tombol F1 sampai dengan F12, tombol fungsi digunakan oleh banyak program aplikasi untuk mempercepat dalam mengentry data. Fungsinya berlainan antara satu aplikasi dengan aplikasi program lainnya.
Contohnya penggunaan F1 untuk memunculkan kotak dialog pertolongan (fungs help) di hampir semua aplikasi program, dan F12 untuk menyimpan file di Ms.Word.
2. Tombol Alphabet (Abjad) atau Tombol Menulis
a) Tombol abjad ini terdiri dari tombol huruf A sampai dengan Z, karakter tanda baca dan karakter lainnya.
b) Tombol fungsi menulis terdiri dari Caps Lock, Shift, Tab dan Sapce Bar/spasi.
o Caps Lock
- Dalam keadaan ON/Hidup = akan menampilkan huruf besar semua.
- Dalam keadaan OFF/Mati = akan menampilkan huruf kecil semua.




o Shift
Tombol ini terdiri dari dua tombol, digunakan untuk menulis huruf besar atau menulis karakter bagian atas dari tombol yang mempunyai dua tanda, penggunaannya dengan cara menekan tombol Shift bersama-sama dengan menekan tombol abjad atau tombol karakter lainnya. Selain itu digunakan untuk memblok karakter atau baris yang akan diformat atau diubah.
Caranya : tekan tombol shift bersama dengan tanda panah ke atas, bawah, kiri ataupun kanan.

o Tab
Tombol ini digunakan untuk membuat alinea (paragraph menjorok ke dalam)
o Space bar/Spasi
Tombol ini digunakan untuk memisahkan atau memberi jarak antara karakter/kata yang satu dengan yang lainnya.
3. Tombol Edit
Tombol ini terdiri dari tombol Enter, BackSpace, Del/Delete, Insert, Home, End, PageUp, PageDown, dan tombol ke bawah, atas, kanan dan kiri.
a) Enter
Tombol ini digunakan untuk memindahkan kursor/titik sisip ke ujung kiri baris bawahnya atau membuat paragraph baru. Serta tombol ini digunakan untuk memasukkan eksekusi perintah ke memory/komputer.
b) BackSpace
Tombol ini digunakan untuk menggerakkan posisi kursor/titik sisip ke kiri sekaligus mengahapus karakter yang ada di depannya (mengahapus karakter/huruf di kiri kursor/titik sisip) dan digunakan untuk mengembalikan posisi kursor yang telah di enter.
c) Del/Delete
Digunakan untuk mengahapus karakter/huruf di kanan kursor/titik sisip.
d) Insert
Digunakan untuk menyisipkan karakter/huruf sekaligus menghapus karakter/huruf yang sudah di kanan kursor/titik sisip. Tombol ini dalam keadaan aktif akan dengan OVR aktif pada baris status di lembar kerja word.
e) Home
Digunakan untuk memindahkan kursor/titik sisip ke awal baris.
f) End
Digunakan untuk memindahkan kursor/titik sisip ke akhir baris.
g) PageUp
Digunakan untuk memindahkan kursor/titik sisip ke atas lebih dari satu atau dua baris/paragraph atau menggulung ke atas.
h) PageDown
Digunakan untuk memindahkan kursor/titik sisip ke bawah lebih dari satu atau dua baris/paragraph atau menggulung layar.
i) Panah ↑
Digunakan untuk memindahkan kursor/titik sisip ke atas satu baris.
j) Panah ↓
Digunakan untuk memindahkan kursor/titik sisip ke bawah satu baris.
k) Panah →
Digunakan untuk memindahkan/menggeser kursor/titik sisip ke kanan satu karakter.
l) Panah ←
Digunakan untuk memindahkan/menggeser kursor/titik sisip ke kiri satu karakter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar